Miss Sloane : Kartu Truf adalah Koentji?

watch_later Tuesday, 22 October 2019
Miss Sloane (2016)
Runtime : 2h 12min
Genre : Drama, Thriller
Release date : 9 December 2016 (USA)
Director: John Madden
Writer: Jonathan Perera
Stars: Jessica Chastain, Mark Strong, Gugu Mbatha-Raw


Sinopsis
Seorang konsultan hukum yang juga memiliki kepiawaian dalam melobi dalam dunia politik membuat dirinya memiliki rumor yang apik dan juga buruk disaat yang bersamaan di dunia politik. Hal ini tak membuat miss sloane tak memungkiri bahwa dirinya adalah salah satu pelobi terbaik yang ada saat ini. Hal itu mengantarkannya kepada salah satu konglomerat yang berusaha untuk melegalkan senjata api di amerika demi memuluskan langkah bisnisnya yang memproduksi senjata. Hal ini menjadi sebuah dilematis antara bagaimana mengikuti kata hati atau saatnya mencapai puncak karir.

Quotes
Jane Molloy: I'd like to discuss my future.
Pat Connors: This is hardly the time, cookie.
Jane Molloy: Actually, it is the time.
Pat Connors: The fuck is this?
Jane Molloy: My resignation. Academia is more my scene.

Comment
film yang mengisahkan tentang seorang pelobi dalam dunia politik yang bekerja di konsultan hukum, mencoba untuk selangkah lebih depan dengan kompetitornya dan menukar kehidupan normalnya bukan hanya untuk karir melainkan apa yang dirasa benar untuknya melakukan hal terbaik. Yang paling ane suka adalah last piece yang menceritakan tentang bagaimana sloane merencanakan masterplan yang sudah sejak dari awal? mungkin awl banget? maybe not, but somehow she knows what to do next dan mempunya kartu truf terakhir yang harus ia lawan. Satu hal yang mengusik kepala saya adalah semuanya bener bener terorganisir dengan baik dari bagaimana schmidt yang mengadu dan memberikan kesaksian tentang pelanggaran kasus pengawasan ilegal, dan juga tentang bagaimana ia memasang survival spy untuk bisa bertahan dan berakting sampai akhir. damn. feels good.

Film ini mengkritik keras tentang bagaimana sistem birokrasi pemerintah amerika yang benar benar kotor dan sangat sulih memiliki karir politik yang jujur dibawah sistem yang memaksa politisi untuk berkotor-kotoran. Hal inilah yang sangat related dengan kondisi indonesia saat ini yang sedang barada dalam krisis kepercayaan terhadap wakil rakyat yang hanya mementingkan kemana arah sumber aliran uangnya. Dalam Miss Sloane membahas juga tentang bagaimana miss sloane melakukan sebuah lobi dengan pihak amerika untuk memaksa dan menekan pihak amerika untuk meningkatkan pajak impornya agar pemerintah indonesia mendapatkan lebih banyak pemasukan dalam bidang ekspor, sedikit tidak menguntungkan posisi sloanne karna hal tersebut berkaitan dengan pelanggatan kode etik yang dia buat karna sudah mencampur adukan antara firm konsultan dan politisi kongresman. Ending Plotnya kereeeeen, unpredictable meskipun thats what we wants to. Biasanya film seperti ini cenderung lebih banyak dimenangkan oleh pihak pihak yang memiliki power, tetapi dilain hal, karna ini fiksi, ya you know. happy ending.