(ALERT) Lowongan Kerja Pamapersada Banyak Yang Hoax


Berawal dari saudara ane yang mengirim melalui facebook mengenai lowongan pekerjaan di PT Pamapersada bulan Juli 2017. Tak menyangka bahwa hari itu adalah hari terakhir untuk pendaftaran melalui email. awalnya tak ada rasa curiga, karena emailnya menggunakain domain ptpamapersada.com dimana ane mengirim email ke recruitment@ptpamapersada.com . 


Selang beberapa hari, pada hari senin, ane mendapatkan sebuah sms dari pihak yang mengatasnamakan bagian Humar Resaurce Development untuk mengkonfirmasi kehadiran. Yang menarik adalah lokasi tesnya (Balikpapan), awalnya ane tak menganggap bahwa ini adalah penipuan, pasalnya ada beberapa interview pada perusahaan besar tentu saja menggunakan jasa pengembalian transportasi bagi pelamar yang hendak melakukan interview. Dari sini ane tak curiga, bahkan sempet dek-dekan karna ketika membaca sebuah email yang didapat dari  pama tersebut. Mengapa? Karena didalam email yang melampirkan file berformat pdf ini memberikan rincian rencana kegiatan yang akan dijalani disana serta memberitahukan bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak travel untuk proses transportasi. (Biasanya perusahaan tidak ada kerja sama dengan pihak ketiga untuk transportasi, ketika ada pergantian biaya transport, pelamar hanya diberikan batas budget dan bebas menentukan pilihan transportasinya atau pihak perusahaan sudah menyiapkan e-tiket yang sudah ditanggung penuh oleh perusahaan).







Pada pdf, sepintas jika diperhatikan sangat meyakinkan, pasalnya semua tertera disitu, dari tabel calon karyawan yang dipanggil interview, tahapan seleksi, sampai jadwal kegiatan yang akan dilangsungkan disana, bahkan sampai Q & A untuk menjelaskan bagaimana menggunakan jasa e-ticket travel agent tersebut. Ane sempet berujar bahwa jika undangannya seperti itu, apakah ane sudah masuk kategori dalam tahap akhir seleksi? Ane udah berpikir merencanakan terbang ke balikpapan dengan dana seadanya, serta menyiapkan surat ijin atau mungkin resign. tapi hati ane masih yakin kalo ini domain dari pama langsung karena ane mengirim langsung ke alamat domain resmi PT Pamapersada recruitment@ptpamapersada.com

Tapi, sebelum mengkonfirmasi keberangkatan, ane cek googling mengenai travel ini serta mengenai lowongan kerja ini bisa benar atau tidak.


Shock! 
Penipuan Seleksi Masuk Karyawan A/n PT Pamapersada ( Fiktif )
Jika bukan karena link ini, mungkin saja ane akan berjalan lebih jauh untuk mengirim transfer uang untuk pihak yang mengaku dari pihak perusahan. Alhamdulillah. hampir saja ane akan menanyakan bagaimana prosedurnya untuk mendapatkan e-ticket tersebut. Dalam web tersebut sudah dijelaskan dengan gamblang mengenai penipuan tersebut yang bahkan sama caranya dengan apa yang akan terjadi pada diri ane.

Perhatiakan perbedaan dua email tersebut, recruitment@ptpamapersada.com dan recruitment@pamapersada.com . Ane sempet terkecoh sama dua perbedaan yang sangat kecil hanya pada "pt" saja. Berikut pernyataan resmi langsung dari website resmi PT Pamapersada (pamapersada.com).







Ciri - ciri Lowongan kerja yang bermodus penipuan :
1. Persyaratan
Dalam persyaratan menawarkan berbagai posisi memuat seluruh bidang studi, derajat menjadi satu. Meskipun pada persyaratan menawarkan berbagai posisi yang meng
(Contoh : Berijazah SMA / D3 / S1 Semua Jurusan)
2. Domain Website Perusahaan
Jika anda melamar perusahaan menggunakan email dan mengirim tertuju pada email berdomain perusahaan misalnya @pamapersada.com , yang perlu diperhatian adalah balasan email dari domain tersebut.
3. Kerjasama Pihak Ketiga
Biasanya perusahaan tidak ada kerja sama dengan pihak ketiga dalam hal transportasi, ketika ada pergantian biaya transport, pelamar hanya diberikan batas budget dan bebas menentukan pilihan transportasinya
4. Biaya Interview
Dalam Interview apapun, tidak ada pihak perusahaan yang meminta pelamarnya mengeluarkan uang seperserpun. Jika ada, dua hal kemungkinan adalah oknum didalam perusahaan dan modus penipuan. 
5. Email Dari Pihak Human Resaurce Development
a. Perusahaan besar tentu memiliki "attitude" dalam mengirim email pada siapapun termasuk calon karyawan, jika pelamar hanya mendapatkan format file pdf tanpa ada judul, dan kalimat pengantarnya maka perlu diwaspadai.
b. dalam perusahaan besar, biasanya balasan email kepada anda adalah email berformat "no reply" atau bisa dikatakan email untuk tidak dibalas.
c. Yang paling mudah adalah melihat domainnya, jika sama dengan website resmi maka bisa dipastikan modus penipuan, termasuk penggunaan nama domain pamapersada.in , pamapersada.net, pamapersada.id
6. Hubungi Call Center Resmi
Bagi perusahaan besar tentu saja Call Center adalah salah satu pilihan terbaik dalam mengecek kebenaran suatu kegiatan perusahaan, selain menunjukan keseriusan anda dalam mendapatkan posisi tersebut, anda akan mendapatkan jawaban pasti terkait lowongan kerja tersebut.


Kami menghimbau kepada para korban tindak kriminalitas online untuk melaporkan kejadian yang dialaminya ke Kantor Kepolisian dan besar harapan bahwa Kepolisian akan berupaya menindaklanjuti tpelaku dan memaksimal untuk menyebarkan informasi tersebut untuk menekan jumlah korban tindak kriminalitas online.


 

Comments

Popular Posts