Lion (2016)

watch_later Saturday, 1 April 2017


Lion (2016)
Release Date : 6 January 2017 (USA)
Run Time : 1h 58min 
Genre : Biography, Drama
Director: Garth Davis
Writers: Saroo Brierley (adapted from the book "A Long Way Home" by), Luke Davies (screenplay)
Stars: Dev Patel, Nicole Kidman, Rooney Mara | See full cast & crew »

Well, salah satu alasan saya ingin banget mengulas film ini adalah latar belakang seorang anak usia 5 tahun dari sebuah desa kecil di india, tersesat. Yap, usia 5 tahun tersesat. Can you imagine?

IMDb

Sinopsis

Disebuah desa ditahun 1986, Saroo merupakan seorang anak berusia 5 tahun yang berada dalam keluarga yang kurang mampu namun dengan segala keterbatasan keluarganya, mereka mampu bahagia sebagai keluarga sederhana. Dalam suatu hari, Saroo melakukan perjalanan bersama kakaknya untuk bekerja di suatu kota kecil, namun kakanya Guddu tak ingin adiknya ikut bekerja karena Saroo masih belum mampu melakukan pekerjaan kasar. Ketika menunggu kakaknya di sebuah stasiun, Saroo beristirahat di dalam sebuah kereta yang sedang berhenti. Namun tak sadar bahwa dirinya bangun sudah berada di dalam kereta yang sedang melakukan perjalanan ke kota Calcutta, 1500 miles jarak tempuhnya dari rumah.Well, he trap into the new world.
   

Values

1. If you have a family that loves you, a few good friends, food n the table and a roof over your head. you are richer than you think
Bersyukur, mungkin dengan menonton film ini ada banyak hal pelajaran moral yang dapat dipetik, bahkan anda akan menemukan banyak rasa syukur didalamnya bahwa kita hidup di dunia ini hanya sepenggal masalahmu yang mungkin tak sebanding dengan apa yang di hadapi Saroo.

Quotes

Saroo Brierley: I'm sorry you couldn't have your own kids.
Sue Brierley: What are you saying?
Saroo Brierley: We... we... weren't blank pages, were we? Like your own would have been. You weren't just adopting us but our past as well. I feel like we're killing you.
Sue Brierley: I could have had kids.
Saroo Brierley: What?
Sue Brierley: We chose not to have kids. We wanted the two of you. That's what we wanted. We wanted the two of you in our lives.That's what we chose.
[pause]
Sue Brierley: That's one of the reasons I fell in love with your dad.
[pause]
Sue Brierley: Because we both felt as if... the world has enough people in it. Have a child, couldn't guarantee it will make anything better. But to take a child that's suffering like you boys were. Give you a chance in the world. That's something.
 



Comment

Tooo much paaaaaain. Kalo ente belum siap mental, ane sarankan bawa tissue. Entah kenapa ane bener bener tenggelam ngikutin alur dari awal sampai akhir dan dari semua hal yang saya tonton, its interesting. Powerful story dari anak kecil yang tersesat di kota yang kita belum pernah kunjungi sebelumnya, dan harus survive pada keadaan yang berbahaya di luar rumah. Awalnya saya emang menonton film ini karena masuk dalam nominasi oscar 2017, dan emang sih, rata - rata yang masuk nominasi oscar itu recommended bgt lah untuk ditonton. Ane masih heran sih kenapa film ini kurang mendapat tempat di oscar jika dibandingkan dengan film lain seperti moonlight. Dan tentu saja untuk Lion ane kasih rating 9/10 karena penggambaran sebuah cerita dari satu plot ke plot lainnya bener - bener membawa ente ke perjalanan Saroo yang sangat jauh.






Hati hati Spoiler:
Yang menarik dari cerita ini adalah mengapa disebut dengan judul Lion? hmmm dan ketika kita selesai menonton film ini dijelaskan bahwa ternyata selama ini Saroo telah salah mengeja kota asalnya yang membuat dia tak bisa kembali ke rumahnya, "Ganeshtelay" adalah kota yang mampu ia ingat dalam memorinya ketika masih kecil, dengan bantuan Google Map, akhirnya Saroo mendapatkan sebuah jawaban dimana rumahnya yang selama ini menjadi mimpi buruknya, "Ganash Talai", Yap, satu kota kecil di pinggir wilayah india dimana jauh dari pemukiman padat, yang menarik memang seperti yang saya sebut juga mengapa mereka memberikan judul Lion, karena sebenarnya Saroo juga salah dalam mengeja namanya sendiri yang seharusnya bernama "Sheru" dalam bahasa hindi memiliki arti Singa (Lion), Sang raja hutan yang memiliki insting untuk kembali ke tempat asalnya. Interesting Theory.




Streaming link Sub Indo

 

Lihat Juga :

Moneyball (2011)

Se7en (1995)

Avenger : The Age of Ultron (2015)

The Shawshank Redemption (1994)

Wedding Dress (2010)

Fight Club (1999)