Invictus (2009)

watch_later Wednesday, 25 February 2015



Invictus (2009)
Release Date : 11 December 2009 (USA)
Run Time : 134 min 
Genres : Biography | Drama | History   
Director: Clint Eastwood
Writers: Anthony Peckham (screenplay), John Carlin (book)
Stars: Morgan Freeman, Matt Damon, Tony Kgoroge 
Country : USA - South Africa

Film Inspirasional yang mengisahkan orang yang sangat suka sama batiknya Indonesia, Nelson Mandela. Nelson ngga pernah lepas sama batik bahkan udah jadi identitas yang melekat pada dirinya, Mandela mulai suka batik saat kunjungannya ke indonesia kala itu dan Presiden Indonesia Soeharto memberikan bingkisan cindera mata berupa pakaian batik. Anyway, filmnya ngga ngomongin batik sama sekali sih, cuma lagi bangga aja sama indonesia. Hehe.


Invictus (2009) on IMDb




Storyline
Setelah keluar dari penjara selama lebih dari 30 tahun oleh pemerintahan lama, Madiba, julukan Nelson Mandela oleh orang kulit hitam mengikuti pemilu presiden dan menjadi presiden Afrika Selatan. Sebagai kaum kulit hitam tentu saja masih terjadi ketegangan perang antar ras ini yang bisa membuat perpecahan bukan hanya di masyarakat tapi juga di lini pemerintahan. Nelson Mandela bergabung dengan kapten tim rugby Afrika Selatan untuk merencanakan bantuan penuh untuk dapat memberikan yang terbaik bagi negaranya. Madiba sadar bahwa dengan memberikan dukungan pada apa yang mereka sukai akan meredakan benturan ras, dan dapat mempersatukan melalui olahraga.


Values
1. Forgiveness liberates the soul.
Maaf maafan jangan cuma cuma dihari lebaran doang gaes. Apalagi cuma  sms doang kirim ke banyak. Wahahaha. Ane rasa mulai memaafkan dari hal yang kecil emang perlu untuk memberikan ketenangan batin. Diiiih.

Quotes
Nelson Mandela : What dou you think?
Zindzi : It doesn’t matter what I think.
Nelson Mandela : Yes, It does.
Zindzi : Okay, I thinkhe looks like one of the policemen who forced us out of our house when you were jail. I don’t like seeing you shake his hand and I’m not the only one.
Nelson Mandela: You criticize without understanding. You seek only to address your own personal feelings. That is selfish thinking, Zindzi. It does not serve the nation.


Comment
Inspirasional menurut ane sih, ketika itu menjelaskan banget filmnya tentang sejarah Afrika Selatan dibawah kepemimpinan Mandela. Apalagi bagaimana cara Mandela merebut hati masyarakat disana yang masih terjadi gesekan rasis kulit putih dan kulit hitam. Cara Mandela membawa olahraga sebagai bagian dari politik untuk mendapatkan suara rakyat adalah memberikan dukungan olahraga yang disegani kulit putih yaitu rugby. Penggarapan yang maksimal bro, ribuan orang partisipan ikut ambil bagian untuk bikin film ini. Yang bikin ane merinding dibagian pesawat mau nyangkut di stadion, lumayan epic sih. Emang sih agak kecewa sama rugbynya yang kurang heroik gimana gitu. Emang susah sih buat film yang berhubungan sama olahraga. Cuma film Goal yang buat ane terkesan yang berhubungan sama olahraga, tapi Goal 1 doang, 2 sama 3 totally shit banget. Anyway, invictus itu judul puisi yang dikasihkan mandela ke kapten springboks francois pienaar.