Boyhood (2014)



Run Time : 15 August 2014
Run Time : 165 min 
Genre :  Drama 
Company : Universal Pictures
Director: Richard Linklater
Casts: Ellar Coltrane, Patricia Arquette, Ethan Hawke
Country : USA

Well, well, well. sejenak “seize the moment” nikmatin film ini sampe ending tanpa terasa. Mungkin sebagian generasi yang tumbuh seusia ane dan Mason tentunya bakal dapet moment moment berharga apa saja yang sudah kita lewati. Tentu saja, di generasi lainnya bisa menikmati bagaimana generasi mason melewati hidupnya ketika kecil hingga tumbuh dewasa.


Boyhood (2014) on IMDb


Storyline
Oke berawal dari mason yang berusia 5 tahun yang harus pindah rumah karena kondisi keuangan keluarga dan ya tentu situasi yang kurang mendukung mason membuat mereka harus pindah ke rumah neneknya di Houston. Ia harus merelakan semua hal yang ada dalam lingkungannya dan segala kenangannya. Oke plotnya emang simple sih menceritakan tentang mason tumbuh dewasa dari dia masih usia 5 tahun sampai masuk collage. Dan dari tahun ke tahun menggunakan karakter pemain yang sama yang menunjukan effort membuat film ini cukup mencengangkan. 12 tahun pembuatan film dari berjalannya waktu memang sangat menakjubkan bagi ane.


Quotes
Nicole : You know how everyone’s always saying, “seize the moment”? I don’t know, I’m kinda thinking it’s the other way around. You know like, the moment seizes us.
Mason : Yeah, yeah I know. It’s constant. The moment, it’s just.. it’s always right know, you know?


Values
Times Goes Flies. Idiom yang tepat untuk mengutarakan seluruh isi film ini. Ane telah terperanjat sama seluruh karya ini. masterpiece dan cara unik dalam sejarah industri film yang digambarkan dalam 12 tahun penggarapan.


Comments
Memang secara cerita tak banyak plot plot yang bisa memberikan surprise penonton dan jika ditonton secara utuh bisa dikatakan hanya menceritakan ratusan penggalan cerita seorang anak usia 5 tahun sampai usanya tumbuh sampai 18 tahun. Tapi menurut ane, boyhood menceritakan hal yang unik yang belum pernah saya tonton sebelumnya. Dari dirinya yang masih imut unyu telah tumbuh dewasa, ane berasa waktu lewat begitu aja. “Times goes flies”. Mengingatkan diri ane dalam 12 tahun kebelakang. Dan juga yang super keren adalah sosialitas dalam film yang bener-bener realistis, dari hal kecil yang menggambarkan apa yang sedang happening di masa itu. Patut diacungi jempol, tontonan ane waktu kecil, dragon ball mengisi generasi jaman itu. Dan makin makin realistis dari kehidupan mason yang amburadul dan karakter yang “weird”. Yap. Sort of. Film yang sederhana dan inspiring dengan pembuatan film dari tahun 2002 sampai  2014. Ane lahir digenerasi Mason yang memungkinkan ane bener-bener menikmati film ini, karena membuat ane seolah kembali melihat ke masa-masa kecil. Soundtracknya pun menggunakan lagu-lagu yang popular dari masa ke masa. Dan yang paling favorit, karena karakternya yang punya cara pandang yang berbeda, sedikit melodrama kata orang, dan dan tumbuh dewasa dari masa ke masa menjadi sedikit hipster, suka photography, sedikit idelis kataku. Overall Film ini bener bener real. Terutama ketika ane ngrasa ane ikut bercengkrama dengan karakternya sendiri. Yang buat jadi penasaran, itu yang jadi tukang benerin pipa apa beneran ya belajar bahasa inggris trus kuliah? Interesting.





Comments

Dani Trianto said…
ceritanya kurang greget bang :(
mungkin karna salah ambil karakternya Mason, hipster dan hippie.
tapi ane kasih 8/10 dah di film ini soal penggalan2 cerita 12 tahunnya bro..
wiiihhh... cek di IMDb ada di peringkat 156 rating 8.2 bro... harus donload nih... hoho... thnks infonya...

btw... apa kabar fit??? lama tak jumpa...
wihhh.. thanks sudah berkunjung mas suka moco.. wajib nonton yang ini lah.. nominasi di oscar katanya.. iya ini lama tak bertemu, ayo kita bercengkrama sama anak2 8G.. yang komentar paling atas juga nih..
hoho... iya, td juga sempet buka blognya si dani... sekarang dia suka ber sastra ria ya...

btw, kasih review film2 lama yg patut ditonton dong fit (plus link donlotnya kalo bisa... hoho)
lg berburu film jadul nih...
wah iya, sastrawan sekarang mar.. hehe
wah siap deh.. link download? tanya mbah google aja mar, ane costumer juga soalnya hahaha..oya ane tambahin kalo mau cari film-film lama cari juga di you tube, biasanya banyak yang upload full kok

Popular Posts