5 Jajanan khas Cilacap yang wajib dicoba


1. Mendoan
Makanan yang super khas yang wajib dicoba karena orang ngapak sangat bangga dengan makanan khas ini sebagai menu pelengkap makanan atau menu pengisi perut yang super layak dicoba. Bahan yang dibuat khusus dari keledai yang diragi dan dikenal dengan tempe, namun yang khusus adalah tempe ini dibuat lebih tipis dan lebar. Bumbu yang digunakan akan dilapisi dengan terigu dan beberapa bumbu penyedap. Setelah dibalut adonan terigu, langsung digoreng di penggorengan. Rasanya memang lebih krispi namun hal tersebut ada sensasi lain yang tak dimiliki makanan lain.



2. Lanting
Makanan ini berbahan dari ketela atau orang ngapak lebih suka mengatakan ketela dengan budin. Budin ini merupakan bahan makanan yang memiliki protein yang sama dengan nasi dan merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi.



3. Kripik tempe
Karena tempe tak ada habisnya dan tak ada duanya, tempe bisa dibuat berbagai variasi. Sebenarnya bahannya hampir sama dengan mendoan yang membedakan adalah proses produksinya sehingga kripik tempe lebih krispi dan tahan lama sedangkan mendoan lebih lembek dan seperti lebih banyak daging tempenya.


4. Kerupuk tengiri
Cilacap kan deket dengan pantai teluk penyu, jadi nggak khas banget kalo ngga ada jajanan yang bau-bau laut gitu. Kerupuk tengiri merupakan jajanan yang terbuat dengan bahan ikan tengiri. Kalo liat bentuknya dan rasanya, mungkin kita ngga percaya kalo itu dibuat dari ikan tengiri. Namun ya sebagian besar krupuk emang dibuat dari bahan udang, namun di cilacap menggunakan ikan tengiri. Dan bentuknya yang khas yaitu kotak seperti tahu sumedang, kerupuk model cilacap ya gitu. Beda.


5. Sale Pisang

Ane sih ngga yakin kalo sale pisang ini asalnya dari cilacap, namun ya banyak banget yang memproduksi ini makanan dan salah satu jajanan favorit juga. Bahannya udah pasti dengan pisang, jadi pisang di iris tipis-tipis lalu dipanaskan atau dijemur sampai beberapa kali kemudian digoreng. Makanan ini bisa tahan lama dalam beberapa bulan, dan warnanya akan berubah tak lagi menjadi kuning namun berwarna ungu. Untuk bentuknya sesuai selera sih, ada yang oval atau bulat sesuai dengan irisannya yang pasti. hehe


Comments

James Milner said…
wah memang mendoan paling top deh, emang mendoan aslinya dari cilacap?
mendoan menurut sejarahnya dari purwokerto/banyumas, namun karena masih satu rumpun alias tetangga, mendoan bisa menjadi ciri khas asli cilacap

Popular Posts