Yoo Jae Suk : Korean Comedian and MC Nation

Bagi yang belum mengenal TV Show hari minggu ini, Running Man, pasti belum mengenal siapa yoo jae suk, Meskipun sudah menonton Running Man, belum tentu mengenal lebih dekat sosok Ayah tiga anak iniMari mengenal lebih dekat soal Yoo Jae-suk.  Lahir di Seoul, 14 Agustus 1972, Korea Selatan. Yoo Jae-suk menjadi mahasiswa Seoul Institute of the Arts, tetapi tidak bisa menyelesaikan pendidikannya karena jadwalnya yang padat menjadi komedian.

Debut pertamanya adalah ketika ia menjadi salah satu member dalam KBS Comedian Festival untuk mahasiswa di tahun 1991, Ia memparodikan iklan komersial dari Choi Seung-gyung. Ia mencoba mengikuti gaya tarian dari lagu Step by Step dari New Kids on the Block. Diatahun 2002, setelah 9 tahun kerja kerasnya ketika menjadi komedian, ia akhirnya mendapatkan kesempatan menjadi Host di program Live and Enjoy Together (Dong-guh-dong-lak). Program tersebut langsung melejit dan semenjak itu Ia mnejadi host di banyak Variety Show. Potensialnya kembali ditunjukkan ketika ia menjadi Host di program yang bernama The Crash of MCs bersama dengan Kang Ho-dong, Lee Hwi-jae and Kim Han-seok.

Penghargaan pertamanya ketika menjadi host di program acara Happy Together Friends. Konsep acaranya adalah lebih membawa kembali nostalgia dengan memori tentang masa-masa di sekolah, dan Acara tersebut menjadi sangat populer. Penghargaan Daesang Award menjadi lebih spesial,bukan hanya karena penghargaan pertamanya, tetapi karena stasiun pertama dimana ia menjalani debutnya di industry panggung hiburan.

Kemudian ia terpilih menjadi host di acara X-Man, dantumbuh menjadi program acara paling popular kala itu di Korea. Masa itu, Ia menjadi sangat terkenal dan menjadi host di beberapa program acara TV dan mendapatkan julukan baru "MC of the Nation." Setelah program acara X-Man bubar, karena rating yang semakin menurun, namun Yoo tak berhenti mencari ide baru dan hal yang inovatif berkat absennya di panggung hiburan. Yoo kembali dengan program acara New X-Man, Old TV dimana menampilkan film atau drama yang diparodikan,dan Haja! Go! (Let's Do It) di Stasiun TV SBS yang di batalkan karena rating yang rendah. Acara Minggu sore,  Bagaimanapun, X-Man manjadi acara yang sukses dimata Asia.

credit twitter @RMdoodle
Yoo menjadi member di variety program Infinite Challenge, sebagai host sejak acara ini dimulai tahun 2005 bersama dengan Jung Hyung-don and Noh Hong-chul, Yoo adalah program pencarian member baru. Program tersebut belum popular sejak pertama ditayangkan dan rata-rata rating sangat rendah . Setelah Kim Tae-ho menjadi Produser yang baru, program tersebut dirubah kosnepnya dan menambah member baru. Member baru yang menjadi bagian Infinite Challenge, seperti Park Myung-soo, Haha dan Jeong Jun-ha di tahun 2006. Setelah Season 3 ditayangkan tahun 2006, format konsep untuk acara ini dirubah menjadi "variety & reality program" yang menjadikan acara ini sangat popular. Infinite Challenge menjadi program yang memberikan ide-ide baru bagi stasiun TV lain untuk membuat konsep dan format acara yang hampir sama.

Infinite Challenge menjadi favorit Yoo dan program terbaiknya, bukan hanya karna ia menikahi istrinya , Na Kyung-eun ketika masih di season 2, tetapi dengan popularitas yang mningkat dan efek yang signifikan terhadap publik. Ia memenangi Daesang berturut-turut (2006, 2007 and 2009) dengan program tersebut.

Yoo menjadi host di Come to Play dengan Kim Won-hee sekaligus host Happy Together Season 3 bersama dengan Park Myung-soo, Park Mi-sun dan Shin Bong-sun. Yoo menjadi MC dengan periode yang cukup lama dan rating acaranya yang terus berada di posisi pucncak. Meskipun Happy Together berlanjut sampai sekarang, Come to Play diberhentikan di tahun 2012 karena rating yang terus menurun. Yoo mencoba yang terbaik untuk membuat perbedaan dalam gaya menjadi host,biasanya berdasarkan siapa bintang tamu di acara tersebut.

SBS membuat acara baru untuk menggantikan acara yang sempat popular x-man, di tahun 2008, Yoo bersama dengan Lee Hyori, Yoon Jong-shin, Kim Soo-ro, Lee Chun-hee, Kang Dae-sung, Park Ye-jin dan Kim Jong-kook menjadi members di Family Outing. Family Outing menjadi program dengan rating tertinggi di korea dan konsisten di acara Minggu siang. Bagaimanapunproblema dan skandal menguak ketika yoo tak memperpanjang kontraknya bersama program tersebut.

6 Juli 2008, Yoo Jae-suk menikahi MBC announcer Na Kyung-eun yang juga bekerja dengannya di stasiun TV yang sama.  Di tahun tersebut, ia memulai kembali karirinya di SBS variety show bernama Running Man bersama dengan Haha, dan artis lain seperti Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, LeeSsang's Gary, Song Ji-hyo, Lee Kwang-soo dan Song Joong-ki. Meskipun acaranya tak menunjukkan rating yang positif di awal penayangan,setelah beberapa episode menjadi acara paling popular di Korea dengan mengundang beberapa artis terpopuler ke acara tersebut. Acara ini popular bukan hanya di korea namun menjadi acara yagn paling digemari di Negara lain. Bahkan mereka memproduksi acaranya sampai ke luar negeri dan mendapatkan permintaan fan meeting dimana-mana.

Di tahun 2012, Yoo Jae-suk dan partnernya di Infinite Challenge, Noh Hong-chul, muncul menjadi cameo di Music video milik Psy' dengan "Gangnam Style.". Di video ini, ia menunjukkan tarian yang unik dan menunjukkan karakternya ketika membuat lagu "Drooping Snail" di festival music bersama Infinite Challenge.Lagu tersebut menjadi demam yang mendunia dan banyak orang mengikuti tarian gangnam style yang menjadi trend di 2012.
Bagi orang yang belum mengenal tentang Yoo jae suk tetapi hanya mengetahui fakta bahwa ia adalah host dari korea yang terkenal, Setelah menonton banyak episode dari Yoo jae suk sekarang banyak yang paham mengapa Yoo Jae suk menjadi host yang paling dihargai dan mendapatkan panggilan National MC, berdasarkan beberapa variety program yang adaJika mengikuti beberapa program acara variety show di koreakemungkinan besar akan mengetahui mengapa mereka memanggil MC Nation Yoo Jae Suk. Dan pujian yang didapat serta penghargaan dalam karirnya menjadi hal yang layak disandang bagi penggemarnya

Seseorang yang rendah hati
Salah satu alas an mengapa publik korea sangat menghargai Yoo Jae Suk adalah dari rendah hati yang dimilikinya. Sebagai acara Talk show/variety, semua yang dilakukan dan diucapkan biasa ditayangkan dalam acara tersebutseperti membantu orang tua menyeberangakan terlihat di acara tsb. Yoo Jae Suk memilliki sopan santun yang secara rak langsung ditunjukkanSebagai host ia tidak membiarkan popularitas dan ketenaran merubah caranya untuk berinteraksi dengan yang lainnya dan tak pernah berpikir bahwa dirinya lebih baik dari orang lain adalah kelebihan yang dimiliki.Yoo terkenal dengan dirinya yang easy going dan mudah bergaul.

Profesional tinggi
Yoo sudah memiliki nick-name atau panggilan sebanyak 17 nama dan menjadi 3 host regular di tiga stasiun TVG berbeda  ‘Running Man’ ; ‘Infinity Challenge’ dan ‘Happy together’.
Happy together merupakan acara paling lama diantara yang lain sejak 2001 sampai sekarangAcara tersebut masih menjadi favorit pemirsa untuk ditonton, begitu juga dengan acara lainnya seperti Running Man dan Infinite challenge.Diantara tiga acara tersebut memiliki konsep yang berbeda dan terutama dalam acara running man yang membutuhkan tenaga dan harus menguras fisik lebih banyak. Begitu juga dengan infinity challenge yang menggunakan tenaga ekstra dalam melakukan long term projectnya.

Skill Variety dan Humor
Fakta menjadi MC Nation adalah penghargaan bahwa dirinya tak bisa dielakkan kemampuannya dalam mengolah komedinya. Yoo Jae Sukmemiliki tujuan tersendiri dimana dirinya ingin membuat penontonnya tertawa atau membuat dirinya sendiri tertawa. Itulah mengapa ia ingin sekali menjadi seorang entertainer.
Sebagai leader,dalam acara ini doi menjadi main focus sekaligus pembawa acara dimana doi akan membawa kemana arah acara ini. Di Korea, doi memang sangat terkenal dengan berbagai jokenya, Dikenal sebagai God yoo dimana dia mampu menjadikan banyak hal sebuah lelucon. Dia memang berawal dari gagman di suatu acara yang sekarang bernama gag concert, kalo Indonesia kita  akan mengenal extravaganza, berawal dari skit-skit komedi doi belajar.



Yoo menyindir Lee Kwang Soo yang sedang malu-malu dihadapan Yuri SNSD

Sekarang yoo jae suk yang kita kenal menjadi orang yang mampu membawa suasana, dalam beberapa kesempatan yoo jae suk selalu memberikan “punch line” yang diberikan kepada lawan bicara untuk dilanjutkan menjadi joke, dengan maksud lain yoo lebih memberikan kesempatan lawan bicaranya ikut membuat skit banyolan.
Bukan hanya itu, yoo akan memprediksi bahwa punch line akan berhasil atau tidak dan jika ia berpikir akan tidak berhasil dia akan memotong ditengah pembicaraan dengan komentar menyindir atau justru menjadi joke yang ia buat.

Joke yang masih fresh dan selalu menunjukkan sosialita masa sekarang. Kadang concern yang kita miliki dapat menjadi joke baginya. Kadang kita tak suka dengan candaan yang “garing” kaya keripik. Dalam dunia komedi, ada beberapa penyebabnya salah satunya masalah timing. #cmiiw. Ketika timing itu tak tepat, Yoo jae suk berusaha untuk menyelamatkan dengan jokenya.

Comments

Popular Posts