Unbowed (Bu-reo-jin hwa-sal)

watch_later Thursday, 18 September 2014

Release Date: 18 January 2012
Director: Ji-yeong Jeong
Writers: Hyun-keun Han (screenplay), Ji-yeong Jeong (screenplay)
Cast: Sung-kee Ahn, Won-sang Park, Young-hee Na
Running Time : 100 min
Country : South Korea

Bu-reo-jin hwa-sal (2011) on IMDb

Storyline

Kim Kyung-ho dipecat dari universitasnya dimana ia bekerja sebagai dosen setelah mempertanyakan validasi tentang kesalahan soal matematika. Dimana Im Kyung-ho mempertanyakan tentang kebijakan melanjutkan ujiannya walaupun terjadi kesalahan dalam pembuatan untuk ujian masuk universitas. Kim melaporkan hal ini ke kepolisian untuk ditindak lanjut dan melawan universitasnya, tetapi hal itu diabaikan. Setelah sangat frustasi atas keberpihakan hokum terhadap kejadian ini membuat Kim Kyung-ho menggertak rekan kerjanya dengan panah. Kim ditahan setelah terjadi kecelakaan pada orang yang ia gertak. Ia mengatakan bahwa ia tak menembakkan panahnya kepada orang tersebut dan bersih keras untuk menuntut keadilan.

Values

1. Perjuangkan kebenaran
Ya harus berani lah jika kita bener, apapun kondisinya. Kadang melawan kebenaran harus berkorban sesuatu yang lebih besar. Kita ga pernah tau apa yang sedang kita hadapi, kadang kejahatan melakukan segala cara kotor untuk memperoleh pengakuan.

2. Jangan Pernah Putus Asa
Ga ada yang ngga mungkin. Dunia ini memang seperti itu, jika kita melihatnya sempit maka akan terasa mustahil. kalo kita berpikir bahwa ga ada yang ga mungkin, pasti bisa.

3. Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan
Susah memang kalo kita dituduh melakukan apa yang ga pernah dilakukan. Apalagi kalo kita ga berani sama orang yang kita fitnah.

4. Semua orang sama dimata hukum
Negara memiliki hukumnya masing-masing, tapi arti dari hukum sendiri ya sama, untuk mengadili seadil-adilnya. Fungsi hukum membuat setiap warganya untuk patuh dan diperlakukan sama, dengan demikian ngga ada yang ga bisa dihukum jika bersalah.

Contributor Comment

Film ini menginspirasikan cerita tentang ketidakadilan hukum dimana orang yang memiliki keberanian untuk melawan pihak-pihak yang telah berbuat tidak adil. Sebagai hakim dan penegak hukum memang pada dasarnya sebagai penengah dalam melintasi hal yang berhubungan dengan kebenaran dan kejahatan. Namun perjalanan untuk berjuang tak mudah, ia harus melawan orang-orang yang tak berpihak padanya.
Film ini bisa dikatakan satu rumpun dengan budaya kita Indonesia, menjadikan film ini mudah dipahami bagaimana ketidakberpihaknya seorang pengadil dalam urusan keadilan di suatu Negara. Konteks ini adalah issu hukum yang mencuat sebagai bentuk perlawanan atas pencari kebenaran. Saya masih ga percaya imdb memberikan rating rendah pada film ini, pada dasarnya film ini lumayan bagus karena pengangkatan tema yang bisa terjadi dalam realita masa sekarang. Serta Sung-kee Ahn sebagai aktor pemeran Kim telah menuntaskan perannya dengan sangat apik sebagai profesor yang idealis dan tetap berusaha untuk melakukan apapun demi menjaga kehormatannya. Selain itu film ini dikabarkan menggunakan budget yang rendah dibandingkan film-film korea yang lain, namun berhasil tembus dalam film box office di korea.