Football Manager : Passion to be a Special One

Yang perlu disiapkan untuk main games ini adalah waktu. Games simulasi managerial sepak bola ini cukup menguras waktu, bahkan anda bisa seharian atau berminggu minggu hanya untuk menemukan transfer yang cocok untuk tim anda. absurd. Tapi begitulah dengan senang hati gamer berdiam didepan layar berjam-jam untuk membuang waktunya dengan mengatur strategi. Game ini memberikan zat yang adiktif untuk ingin terus bermain bagi pecinta sepak bola. Desain game yang lebih mengedepankan memasang strategi atau bagaimana me-manage tim sepak bola, menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya kita menggunakan stik untuk memainkan pemain, kali ini di game ini kita dituntut untuk mengaturnya dan membiarkan mereka bermain. Game ini akan membawa kita untuk mencoba bermain "Manager Team Role" dimana kita seolah-olah menjadi manajer sungguhan.

Football Manager vs Championship Manager

Di mulai di masa awal datangnya FM 07, teman saya yang kebanyakan mengenal CM yang lebih dulu mengudara mulai membanding-bandingkan game manager mana yang terbaik Football Manager atau Championship Manager. Pada dasarnya CM diwaktu itu unggul jauh dibandingkan FM, hanya saja FM memiliki database pemain lebih lengkap, bahkan database pemain Indonesia bisa didapatkan. Bagi yang mementingkan Visual games lebih memilih CM, namun jika lebih pada pemain dan strategi tentunya memilih FM. Bermodal komputer berpentium 3 celeron, install games seharian tak jadi masalah dan instalan mandek ditengah jalan sambil berdoa akhirnya selesai juga. FM 07 tak menawarkan banyak fitur dan grafis visual yang baik, yang nampak hanya match dengan bulatan-bulatan kecil mengejar bola.




Match Fm 07.
Match Engine Football Manager disetting lebih sulit dan terpengaruh akan skill pemain dan strategi yang diterapkan. Maka dari itu games ini membawa gamernya untuk bermain secara mendetail dalam mempersiapkan team secara keseluruhan dari mulai mental sampai fisik pemain. Dalam CM, menurut teman-teman yang lain, lebih mengedepankan hasil visual games karena kekurangan terbesar CM hanya pada database pemain yang hanya lebih fokus pada tim-tim besar di liga utama eropa saja.

Menghabiskan uang Abramovich

Fm 07 adalah masa dimana Chelsea Berjaya, jose mourinho sang nahkoda beserta dengan awak kru-nya. Menggantikan jose mourinho dengan new manager dan masuk merevolusi total klub ini. Di jaman itu, internet sangat jarang, paling banter adalah warnet dan sulit untuk mendapatkan forum diskusi seperti sekarang ini (read:kaskus) atau harus punya telfon rumah untuk menyambung internet di rumah. Yang mungkin sedikit beruntung adalah via LAN yang berasal dari komplek pertamina K.

Oke, skip. Sebenarnya idola saya adalah Francesco totti. Cara sederhana untuk bisa bermain bersama-sama adalah membawa Francesco totti ke Chelsea. Pada masa itu, saya kurang tertarik pada liga italia karna teman-teman satu sekolah lebih asik membahas detail liga inggris. Agar pembicaran bisa satu arah saya memilih Chelsea sebagai tim yang saya gunakan.

Saya jual sebagian besar pemain dengan cara licik menambah manager baru untuk digunakan membeli pemain-pemain yang ingin dibuang. Mungkin jalan pintas. Hehe. Masih ingusan. Berikut nama yang masih saya ingat Petr Čech, Ashley Cole, Claude Makélélé, Michael Essien, Ricardo Carvalho, Andriy Shevchenko, Frank Lampard, Joe Cole, Didier Drogba, Wayne Bridge, Paulo Ferreira, Tal Ben Haim, Shaun Wright-Phillips, John Terry ditambah dengan beberapa nama yang dibawa salah satunya adalah Fernando gago, higuain, celshino, Aliaksandr Helb, Anthony van der borre, lalu dzsudzsak striker asal polandia. Saya menghabiskan dana $ 30 juta dengan membeli pemain – pemain baru tersebut.

Dengan budget yang melimpah dan daftar list wonderkid ditangan mempermudah semua pekerjaan menjadi manager. Formasi andalan yang diusung 4-3-3. Memang sedikit memiliki kelemahan pada match engine ketika bertemu dengan tim lawan yang menggunakan formasi 4-4-2. Saya lupa statistic dan FM lama sudah terlanjur di uninstall.

Namun dijaman itu, masih menggunakan metode load save, mengincar kemenangan beruntun menjadi hal yang ingin dilakukan. Maklum. Just a kid. Semua trophy dilibas layak disejajarkan dengan guardiola baru. Chelsea menjadi tak terkalahkan dengan load save. Jika memilih klub kasta paling bawahpun bisa juara liga champions. Haha.

FM 2007

Saya masih ingat teman saya, menggunakan reading klub liga inggris dengan skuad seadanya, metodenya sederhana, save sebelum match dijalankan, jika kalah tinggal load saja. Namun yang menjadi tantangan baginya adalah bagaimana menjadi kampiun liga dengan pemain seadanya dan budget transfer yang agak memprihatinkan.


Kembali bernostalgia dengan fitur baru

Setelah lama vakum dari dunia per-FM-an. Saya ingin kembali mengenang memori bersama teman-teman menghabiskan waktu untuk berbincang taktik dan pemain yang kami pakai. Menuju rental CD PC Games sambil membawa laptop untuk meminta sekalian install FM 2012. Dengan biaya 15000 sebagai tanda jasa sudah menginstalkan langsung ke laptop. Sebenarnya mudah saja menginstall sendiri karena pada dasarnya tak berbeda jauh dengan install game PC yang lain.

Sesampainya dirumah, mulailah petualangan baru dengan klub yang diluar rencana, leeds united. Rencana awal bermain ingin sekali menggunakan AS Roma karena klub favorit. Namun saya mengingat teman saya menggunakan tim kecil untuk menambah tantangan bermain.

Apa saja yang ada dalam FM12?

Scout Nation - Di Fm 2007 saya tak bisa memilih lagi negara yg bisa dimainkan, namun di FM 2012 saya bisa menambah atau mengurangi negara yang dapat dimainkan.
Transfer Dan Kontrak – Makin detail dan banyak tambahan-tambahan seperti bonus dll
Scout – tugas scout dipertambah menjadi tak hanya mengetahui kemampuan pemain tapi menganalisa permainan tim lawan
3D Match – grafisnya paling bikin kaget. *pengguna lama fm 07
Tampilan – Screenplaynya bisa diubah sesuai keinginan
Team Talk – Banyak piliha, dan semakin merealistiskan pembicaraan dan kalimatnya makin panjang

Sebenarnya masih banyak namun yang sangat terlihat saat saya bermain adalah fitur-fitur ini banyak sekali perubahan dibandingkan sebelumnya. Hal inilah yang membuat makin demen main FM. Dulu FM menjadi kurang menarik karena grafis matchnya kalah jauh dan 2D. Sekarang? Yooo mann.. Makin ngacir didepan layar. Rekor saya bermain terpecahkan, saya bermain sampai 2023 yang membuat semua pemain entah berantah lahir.

Yang paling menarik dari FM 2012 adalah ditemukannya transfer-transfer yang hampir mirip seperti nyata. Saya yakin SI (Sport Interactive) si pembuat games sudah menyetting games ini , mengikuti isu dan rumor yang berkembang saat itu juga. Hal ini yang membuat kita semakin berfantasi menjadi manajer sungguhan. Namun saya pikir ada kelemahan match engine kali ini yang muncul ketika menggunakan formasi 4-4-2, formasi ini adalah formasi paten untuk mendapatkan kemenangan. Memang tak seratus persen dalam penggunaannya namun saya berpendapat bahwa 4-4-2 dalam FM 2012 adalah formasi terbaik.

Jika kita ingin bermain sampai muncul regenerasi, dalam football manager memberikan tempat untuk gamer bermain dalam tahun yang lumayan gila. Pemain ini biasa dikenal dengan istilah pemain regen merupakan pemain yang dalam dunia nyata tidak ada, hanya pemain-pemain fiktif yang dilahirkan muda di dunia FM. Bahkan Anda bisa bermain dimana Neymar atau Messi menjadi pelatih dan anak anda bermain untuk klub yang anda latih. Hal ini dibuat untuk menarik perhatian gamer untuk terus bermain sampai bertahun-tahun.

Ketika awal bermain hal yang menjadi concern adalah display grafis permainan diperbaharui secara signifikan. Memahami akan hal ini, sejujurnya saya belum pernah bermain Championship Manager sekalipun. Pernah bermain Fifa Manager menggunakan laptop teman. Namun jika dibandingkan dengan game simulasi manager lainnya, Football Manager mempunyai tempat tersendiri di hati. Pasalnya, grafis makin realistis, saking realistisnya muncul red flare di stadion K. Bukan hanya itu, Match Engine di game ini tak semudah di Fifa Manager atau Championship Manager. Game ini lebih mengutamakan segala teknis yang apapun itu membuat gamer jatuh cinta. Saya rekomendasikan untuk bermain dengan tanpa klub besar dengan budget melimpah, load save, bermain dengan membeli list wonderkid. Makin hari makin kriput dah. Selamat mencoba! 

Comments

Hong Jinho said…
ane juga mainan FM dulu, cuma sekarang udah jarang mainan sama FM, udah agak bosen juga sibuk sama kerjaan
solder uap said…
sipp ini min, makasih sudah share...
solder uap

Popular Posts