The Damned United




Production year: 2009
Country: UK
Runtime: 97 mins
Directors: Tom Hooper
Cast: Colm Meaney, Jim Broadbent, Martin Compston, Maurice Roeves, Michael Sheen, Peter McDonald, Stephen Graham, Timothy Spall


Transformasi dalam memerankan kisah dari novel tentang malapetaka satu setengah bulan kehidupan Brian Clough, Pelatih yang penuh ego dan penuh kebanggaan diri yang menganggap dirinya jenius dimana tahun1974 menemukan dirinya berada di klub yang merendahkan dirinya. Klub tersebut adalah Leeds United, Sebuah tim yang dulunya berada dalam asuhan manajer Don Revie, yang menurut pandangan Clough, Revie bermain dengan trik kotor untuk membuat pelangggaran keras dan melakukan diving.

Novel orisinilnya memang kelam dan tidak biasa. Diadaptasi pada novel tersebut, screenwriter Peter Morgan membuat twists agar lebih cerah dan tampak bijak. Nadanya terlihat sangat manis dan lebih secara umum terlihat nada lucu dan simpatik. Cerita ini merupakan cerita persahabatan antara dua orang laki-laki asal Northern Clough yang dimainkan oleh Michael Sheen,dan rekan kerjanya yang “underrated” assistant Peter Taylor orang yang bijak dan diperankan oleh Timothy Spall.

Peter Morgan, Screenwriter, juga memiliki penglihatan yang jeli dalam bagaimana mempermudah dan menjelaskan alur cerita. Seperti novelnya, hal ini merupakan cerita masa lalu dan masa depan antara Clough yang sangat brilliant saat menjadi manager Derby County di tahun 60-an dan mimpi buruk ketika kedatangannya ke Leeds di awal 70-an. Morgan juga dapat menunjukkan bagaimana masa kejayaan Clough yang ia punya dengan mereka memperlihatkan kebangkitan dari mimpi buruknya ketika kepergiannya dari leeds.


Michael Sheen memberikan performa yang memukau sebagai Clough: tampak gemilang tetapi tampak kesepian dalam apa yang katakan menjadi "top one of great managers”. Seperti Ingin diperhatikan namun yang terjadi justru sebaliknya dan dua nada kesombongan dan egoisnya membuat role Clough patut diacungi jempol. Dengan mulut yang tak bisa dijaga, keberanian yg disampingnya dan cacian yang dibuat dengan nada sengau, menjadikan perannya tampak seperti Clough aslinya. Terlihat arrogant dan berlagak pada dirinya yang merusak dirinya sendiri.

Film ini juga mempertontonkan bagaimana era pimpinan leeds di masa lalu, Clough memiliki insting yang tajam tentang politik klub Leeds. Ia sangat marah pada pimpinan direksi Leeds kerika mempertahankan pemain-pemain kesayangan Don Revie. Revie, musuh dan rival lama Clough, yang diperankan oleh Colm Meaney; serta Kapten yang brutal, Billy Bremner, yang diperankan oleh Stephen Graham, dan Johnny Giles, pemain yang mempengaruhi pemain lain,yang diperankan Peter McDonald.

Film ini sekali lagi mempertontonkan kisah masa lalu yang jauh dari glamoritas dan sepakbola modern di masa kini, tetapi jika dalam cerita drama ditunjukkan permainan di lapangan akan terlihat cantik dan memberika imajinasi yang lebih baik bagi penonton. Dibalik itu, Hooper (director) memilih untuk mengkonsentrasikan drama yang ada di luar lapangan, yang menjadi lebih ambigu daripada novelnya sendiri. Morgan memotong bagian Novel Clough yang terkenal ketika Clough membuang keluar dan membakar meja kerja miliki Don Revie. Namun film ini memberikan persuasif yang positif dan film lebih mudah dimengerti jika tak menunjukkan kedetailannya. 



The Damned United (2009) on IMDb



Comments

Popular Posts