5 Bahan makanan yang mungkin gak pernah kamu dengar

watch_later Sunday, 31 August 2014
comment 1 Comment
Buah keluak, tempoyak, oncom dan masih banyak lagi: berikut adalah daftar bahan makanan yang berasal dari Indonesia, salah satu yang terakhir jarang ditemukan atau terkenal dengan masakan di Asia.
Sebuah Negara yang memilliki lebih dari 18,000 pulau, Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki warga Negara yang terbanyak. Bangsa yang memiliki kekayaan alam yang masih ada  seperti kayu manis, cengkeh, kacang-kacangan and kecap manis , bahan tersebut merupakan hasil produksi rempah-rempah dari warga pribumi dan bahan yang unik memperdaya ketertarikan dunia dari jaman dahulu sampai sekarang.

Berikut salah satu bahan yang unik yang mungkin belum terdengar :

SAGO WORMS (ULAT SAGU)
Pohon Sagu merupakan pohon yang bias digunakan semua bagian tubuhnya. Dari batangnya digunakan untuk membuat tepung sagu yang dapat menjadi menu utama pengganti nasi. Larva ulat tumbuh pesat didalamnya, dibatang sagu banyak ditemukan ulat sagu dan paling banyak tumbuhan atau batang yang sudah mati. ulat sagu ini memiliki rasa yang enak. Anda sudah bias membayangkan rasanya hanya dari melihat bentuknya. Sedikit Rasa manis plus sedikit asin. Tekstur yang lembuat di bagian dalam dan renyah bagian luar.
Untuk manfaat kandungan gizi dari  ulat sagu yaitu kandungan asam amino esensial, seperti asam aspartat, asam glutamat, tirosin , dan methionin. Dan semua nama itu merupakan hal yang baik bagi tubuh kita.


BUAH KELUAK
Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, atau kluak (Pangium edule Reinw. ex Blume; suku Achariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar.
Biji keluwek dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, serta sup konro. Bentuknya menyerupai kacang hitam yang berasal dari pohon keluak, memiliki dosis yang mematikan jika masih mentah karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi tinggi. Bila dimakan dalam jumlah tertentu menyebabkan pusing (mabuk).
Racun pada biji ini dapat dipakai sebagai racun untuk mata panah. Biji ini aman diolah untuk makanan bila telah direbus dan direndam terlebih dahulu.


TEMPOYAK
Kita mengenal terlebih dahulu berasal dari mana tempoyak. Tempoyak adalah buah durian, yang terkenal menjadi rajanya buah di asia, memiliki cita rasa yang khas dan bau yang menyengat. Tempoyak adalah buah durian yang difermantasi, dengan cara diambil bagian daging buah durian dan sisihkan bijinya lalu dicampur dengan cabai agar cepat proses fermentasinya dengan tambahan sedikit garam. Setelah itu ditutup dalam wadah yang tertutup rapat dengan mengatur suhu ruangan. 2-3 hari sudah dapat digunakan bahan tersebut untuk menjadi bahan makanan.


TERASI
Terasi atau belacan adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti adonan atau pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi merupakan bumbu penting di kawasan asia tenggara dan china selatan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia bahkan asia.


ONCOM

Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).