10 Korean Late Night Snack



1. Chicken Gizzard
Beberapa orang suka dengan makanan yang bertekstur kenyal. Di beberapa wilayah asia, memasak dengan kulit dan empedal/rempela yang dicampur dengan bumbu akan menambah rasa menjadi lezat.
 
chicken gizzard
 
2. Hoddeok (Sweet Pancakes)
Apasih sebenarnya hoteok? Atau biasa dibaca hodeok? Pada dasarnya sebuah pancake. Berbeda dengan pancake yang siberi butter seperti biasanya, hotteok dibuat menggunakan with roti donat. Yap, lebih menggunakan ragi daripada tepung roti. Oti donat yang dicampur, diremas, dan bisa dibentuk seperi bola kecil. Lalu bola kecil itu ditekan menjadi rata, diberi gula jawa atau kacang, kemudian digoreng dengan minyak yg sedikit. Hotteok salah satu jajanan yang enak. hotteok harus dimakan selagi masih hangat dengan roti yang krispi diluar ditambah gula yang manis.
hoddeok


3. Janchi Guksu (Korean Soup Noodles)
Janchi guksu adalah masakan mie kuah dari Korea dengan mie yang dibuat tepung terigu yang kecil dan kuah yang dibuat dari sejenis ikan-ikan kecil anchovy dan kadang ditambah dasima (kombu). Daging bisa digunakan untuk mengganti ikan kecil. Biasanya dihidangkan dengan saos yang dibuat dari minyak wijen, ganjang, dan sedikit bubuk cabe serta irisan bawang merah. Janchi guksu biasa dimakan ketika ada acara pernikahan. Di korea jika ada yang bertanya kapan makan janchi guksu? Sama saja menanyakan kapan nikah?.
janchi guksu


4. Chicken Feet
Ceker Ayam merupakan bagian makanan yang biasa dimakan di China, Indonesia, Korea, Malaysia, Trinidad and Tobago, Jamaica, South Africa, Peru, Mexico, Philippines, Middle East and Vietnam. Bagian yang tipis dari ceker ayam bisa dimakan bagian kulit dan urat dagingnya, walaupun tidak ada dagingnya. Ceker ayam memberikan tekstur yang berbeda dari daging ayam.
chicken feet


5. Twigim
Di Korea. Setiap daerah memiliki ciri khas dalam membuat twigim. Twigim adalah gorengan cumi yang dibungkus dengan selada dan dicelupkan kedalam adonan terigu atau telur sebagai lapisan penguat selada agar tak pecah. Biasanya dimakan dengan saus spesial.
twigim


6. Soondae Bokkeum (Stir-Fried Blood Sausage)
Soondae bokum adalah makanan pedas yang dimasak dengan bumbu dan varian irisan soondae sausages dan mie yang dimasukan kedalam babi atau tulang. Bahan lain dapat digunakan seperti babi yang di rica, hati, mie bihun, bawang, dan sayuran.  Biasanya menjadi teman makan kimchi atau kkakdugi dan beberapa varian dengan tambahan gochujang dan bubuk cabe.
soondae bokkeum


7. Jeon (pancakes)
Jeon dibuat dari beberapa bahan-bahan seperti irisan daging, unggas, seafood,dan sayuran tergantung dengan bahan yang akan dicampur. Dengan adonan tepung atau dilapisi dengan telor dan dimasak dengan minyak secukupnya. Hampir mirip dengan bakwan.
jeon


8. Mandu (Dumpling)
Dumpling  dimasak roti yang dibentuk bola kecil. Mereka berasal dari adonan, kentang atau roti, dan dimasuki daging, ikan, sayuran, atau manisan. Dumpling bisa direbus dikukus, dipanggang,atau digoreng. Adonan tadi dimasuki beberapa bahan campuran daging, sayuran dan lainnya. Dumplings bisa manis atau asin. Mereka bisa dimakan menggunakan saus , soups ,  stews atau dengan cara lain.
dumpling


9. Kimbab
Kimbab memang makanan favorit yang banyak ditemukan di korea. Kimbab memang hampir sama dengan makanan khas jepang sushi. Makanan ini berbahan nasi yang dilapisi dengan kripik rumput laut yang biasanya di isi dengan ikan, telur dadar, daging kepiting atau irisan daging lalu digulung.
kimbap


10. Ddeokbokki
Tteokbokki adalah jajanan yang berbahan tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang.
Ddeokbokki

Comments

andreas said…
wajib coba nih gan,...
solder uap

Popular Posts